Senin, 04 Februari 2013

makalah pemasaran kesehatan "ice cream sehat"



BAB I
PENDAHULUAN

Bahan pangan harus mampu mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia. Seiring dengan perkembangan jaman, ilmu gizi telah berubah. Bahan pangan tidak hanya harus mencukupi kebutuhan gizi manusia, tetapi juga harus memberi manfaat fisiologis dan psikologis kepada manusia. Bahan pangan harus mampu mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia, sehingga mencukupi untuk proses tumbuh kembang, menjaga berat badan, mencegah penyakit defisiensi, dan mengurangi resiko berbagai macam penyakit. Dalam konteks ini, pangan fungsional adalah sebuah konsep yang diajukan untuk memperbaiki asupan makanan.
 Ice cream adalah salah satu dairy product, yang merupakan sumber kalsium. Konsumsi ice cream dibatasi oleh kadar lemak dan gulanya yang cukup tinggi. Kadar lemak dan gula yang tinggi akan menyebabkan obesitas yang memicu timbulnya berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan obesitas. Untuk tetap mendapatkan sumber kalsium dari ice cream, low-fat ice cream dapat menjadi sebuah pilihan. Low-fat ice cream yang dikembangkan oleh beberapa produsen ice cream di Amerika Serikat dan Eropa mengandung inulin yang memberi manfaat bagi kesehatan manusia. Inulin bukan saja merupakan komponen prebiotik yang dapat menjaga keseimbangan mikroflora dalam usus manusia,tetapi juga merupakan serat pangan.












BAB II
LANDASAN TEORI

A.    Pengertian Pemasaran Strategik
Pemasaran strategic adalah serangkaian tindakan dan keputusan yang mengharuskan perusahaan menentukan visi, misi, dan tujuan perusahaan; melakukan analisis lingkungan eksternal dan internal; menentukan strategi yang sesuai; mengimplementasikan strategi; serta mengevaluasi, memodifikasi atau mengubah strategi sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pengertian tersebut mengandung fungsi-fungsi dasar pemasaran, yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), implementasi (implementing), dan pengawasan (controlling)

B.     Modal pemasaran strategik

1.      Menentukan visi,misi,falsafah, dan tujuan perusahaan
2.      Melakukan analisis lingkungan eksternal dan internal
3.      Melakukan analisis dan memilih strategi yang sesuai
4.      Mengimplementasikan pemasaran strategi secara efektif dan efisien
5.      Mengevaluasi dan mengontrol kinerja strategi

C.    Manfaat pemasaran strategi

1.      Memberikan arah jangka panjang yang akan dituju oleh perusahaan
2.      Membantu perusahaan dalam beradaptasi dengan lingkungan yang selalu berubah
3.      Mempermudah perusahaan dalam mengidentifikasi pulang dan ancaman yang dihadapi oleh perusahaan
4.      Memeotivasi karyawan untuk ikut terlibat dalam pelaksanaan pemasaran strategic
5.      Meminimalisasi aktivitas yang saling tumpang tindih dan mencegah munculnya masalah di masa yang akan dating
6.      Membantu perusahaan agar lebih efektif dan efisien
7.      Mempermudah perusahaan dalam mencapai target kinerja yang diinginkan




BAB III
PEMBAHASAN

A.    Sejarah
  adalah salah satu dairy product, yang merupakan sumber kalsium. Dimana Es cream ini sangat lembut karena bahan  bakunya susu dan vanilla saja namun dibuat lebih unik dan menarik karena macam –macam rasa tambahannya  banyak diantaranya vanilla,coklat,strawberry,blue berry,mocca dan lain lain .

            Ice Cream ini dijual seharga 4000 hingga 5000 per biji dan setiap harinya dapat menghasilkan antara Rp.700.000,- hingga Rp. 1.200.000,-dan libur ketika bulan Ramadhan dan hujan lebat.Bila terjadi hujan lebat mereka sudah mengantisipasi penghasilan dah pengeluaran yang akan terjadi sehingga saat tidak musim hujan mereka mengejar target dengan berjualan dipasar malam yang ada di Jogjakarta.

            Soft Ice Cream ini sudah berdiri sekitar 3 tahuan dan yang awalnya satu mobil hingga sekarang menjadi 3 mobil .Awalnya produsen ini melihat dan bertanya Tanya pada penjual Ice Cream yang ada di Jakarta dan akhirnya memiliki ide untuk membatnya ,akhirnya memualai dengan modal usaha Rp.40.000.000 untuk membeli bahan – bahan atau bahan baku yang dibutuhkan serta untuk mendisain mobil sebagai tempat atau lat penjualanya.Produsen ini memutar otaknya dengan meminta bantuan bank sebagai modal untuk membeli mesin yang persatunya seharga Rp.80.000.000,- hingga sekarang memiliki 3 mesin dan 3 mobil juga 3 karyawan .
            Pemilik Usaha Soft Ice Cream ini memiliki renca bila cicilan bank telah lunas maka dikemudian akan membuat otlet – otlet Ice Cream ditengah tempat wisata.








B.     Visi dan Misi
·         Moto
Bersih ,higienis , Sehat dan Terjangkau
·         Visi
Menjadikan Soft Ice Cream   sebagai kuliner pilihan  dengan mengedepankan Kehiginisan dan kepuasan pelanggan.
·         Misi
a.       Meningkatkan kualitas pelayanan  kepada pelanggan secara terus menerus.
b.      Memegang teguh prinsip kebersihan dan Kesehatan  dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.
c.       Selalu berusaha untuk menghadirkan inovasi-inovasi baru dalam bidangcita rasa dan variasinya.
d.      Komitmen kuat dalam menjaga kualitas seluruh produk yang digunakan.
e.       Semangat selalu mensyukuri hasil yang diberikan Tuhan YME
f.       Mampu memberikan pelayanan yang cepat dan tepat.

·         Lingkungan Eksternal
Scanning :Soft  Ice Cream memberikan cita ras yang lebih unik dan menarik meski satu rasa yaitu vanilla sehingga terlihat lebih menarik dan unik
Monitoring: Ice Cream ini sudah bertahan satu tahun ditempat tersebut sehingga mereka sudah tau bagaimana cara bertahan ditempat tersebut
Forecasting : Soft Ice Crem setiap tahun bertambah produksi dan tempatnya meski masih mengontrak ,namun untuk kedepan direncanakan akan membuat otlet ice cream ditengah wisata
Assassing : Soft Ice Cream  ini buka jam 10.00 ketika orang sudah mulai lapar dan haus dan dipasar malam .





C.    Segmentasi, Targeting, Positioning Pasar

1.      Segmentasi Pasar
Adapun segmentasi pasar dari Soft Ice Cream yaitu sebagai berikut :
a.       Pasar konsumen
adapun target kelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi akhir,bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut.
b.      Geografi
Berdasarkan geografisnya Soft Ice Cream wilayahnya terletak di tengah tempat wisata Bringharjo- Malioboro
c.       Demografis
Karena letak Soft Ice Cream ditengah tempat wisata maka segmentasi pasar berdasarkan demografisnya yaitu wisatawan mulai dari anak –anak hingga orang.
d.      Pisikografis
Karena target demografisnya untuk wisatawan  sehingga target yang diharapkan yaitu untuk semua kalangan .
e.       Perilaku
Dengan wilayah di tempat wisata diharapkan produk ini dapat menjadi produk yang diterima oleh semua orang baik anak- anak hingga dewasa.

2.      Targeting Pasar
Dikarenakan segmentasi pasar dari Soft Ice Creamyaitu wisatawan  yang berprilaku konsumtif, senang untuk mengkonsumsi makanan  yang sehat dan bersih serta terjangkau. Maka targeting yang dilakukan oleh Soft Ice Creamyaitu dengan menggunakan strategi Target Marketing, yang dimana segi strategi ini diawali dengan melakukan segmentasi pasar, kemudian memilih satu atau lebih segmen yang dianggap paling potensial untuk dijadikan sebagai produk unggulan.

3.      Positioning Pasar
Positioning yang dilakukan oleh Soft Ice Creamdengan memberikan cita rasa tambahan yang menarik dan beraneka ragam
Sehingga memberikan  citra yang baik bagi masyarakat atau konsumen dengan pelayanan yang baik, yang penuh keramah tamahan dan juga menerapkan konsep yaitu Bersih dan Sehat dan terjangkau. Rencana yang akan dilakukan untuk mempromosikan dengan langsung berdagang di tempat wisata tersebut.

D.    Pesaing
Penyedia kuliner  lainnya yang bersaing dengan Soft Ice Cream adalah Burger, Es Kelapa,Siomay,Bakso,Mie ayam dan  lainnya.

E.     Bauran Pemasaran

1.      Product (Produk)
Soft Ice Cream menawarkan Ice Cream dengan berbagai macam rasa seperti vanilla,coklat,strawberry,blue berry,Oreo,Moca dll

2.      Price (Harga)
Soft Ice Cream memberikan harga mulai dari Rp 4000,- hingga Rp. 5.000,- sehingga termasuk terjangkau oleh kalangan wisatawan .

3.      Place (Tempat)
Soft Ice Cream terletak di Jl. Sopping Yogyakarta. Lokasi ini sangat strategis karena terletak di tengah-tengah kota, mudah untuk di akses baik untuk kendaraan umum (Dilalui jalur bus kota jalur 2, jalur 4, trans jogja, becak,Andong  dan juga angkot) maupun pribadi. Selain itu juga merupakan kawasan padat pendudukan yang sangat cocok dengan target yang diharapkan. Selain lokasinya yang mudah untuk di akses dengan kendaraan.
Ice Cream soft ini buka dari jam 10.00 hingga jam 17.00 Wib,dan Setelah itu pindah ke pasar malam hingga pukul 22.00 dan buka tiap hari kecuali bulan puasa dan bila hujan deras .

4.      Promotion (Promosi)
Soft Ice Cream menggunakan.promosi langsung dagang tanpa menggunakan on line, brosur,pamphlet dll



5.      People
Soft Ice Cream memiliki 3 karyawan yang masing – masing satu mobil ,dan Ice Cream ini masih milik pribadi .bila ada karyawan yang izin ada karyawan cadangan .

F.     Skema Distribusi
Produsen
 
Konsumen akhir
 
Skema Distribusi Ice Cream ini menggunakan skema yang pertama yaitu dari produsen langsung ke kensumen akhir.

























BAB IV
PENUTUP

1.      Kesimpulan
Soft Ice Cream merupakan salah satu kuliner sehat yang mengandung kalsium .Soft Ice Cream ini dimiliki oleh perorangan dimana 3 tahun dilalui sudah memiliki 3 mobil ,3 mesin dan 3 karyawan ,Ice Cream ini satu rasa dengan beberapa variasi yang menarik pelanggan dimana harganya terjangkau dan tempatnya strategis .Meski bukan tempat milik pribadi (masih ngontrak).
Ice Cream ini menggunakan Skema produsen yang pertama dimana dari produsen langsung ke konsumen akhir .dan penjualannya tanpa menggunakan brosur ,pamphlet maupun on line namun hanya dengan langsung dagang saja.
Ice Cream ini memiliki target setaun kedepan akan mendirikan otlet di tengah tempat wisata dan mengembangkan produksinya dengan lebih berbagai variasi. Dan mementingkan kebersihan dan kesehatan yang terjamin.

2.      Saran
Saran kita untuk produsen Soft Ice Cream yaitu :
·         Alangkah baiknya jika satu mobil tidak hanya satu karyawan karena pelanggan sangat banyak sehingga antriannya lama
·         Memeiliki setruktur organisasi yang lengkap ,tidak hanya pemiliknya dan karyawannya
·         Tidak hanya berdagang Ice Cream saja namun bisnis lain juga perlu
·         Menggunakan pamphlet atau brosur untuk proosi agar lebih luas jangkauan pemasarannya









Lampiran

membuat Ice Cream






Mobil pertama Soft Ice Cream
                                                                                   
                                                                       
                       






Memberikan Variasi rasa Ice Cream

Tidak ada komentar:

Posting Komentar