SATUAN
ACARA PENGAJARAN
MATA KULIAH : Keperawatan anak.
POKOK BAHASAN : Keperawatan anak
SUB POKOK BAHASAN : Perawatan tali pusat
TEMPAT : Ruang laboratorium
WAKTU : 30 menit
SASARAN :
mahasiswa keperawatan
PENGAJAR :
Farkhatullaely Fatkha
1.
Tujuan Intruksional Umum (TIU)
Setelah
dilakukan penyuluhan (health education), selama 1 x 30 menit, diharapkan mahasiswa keperatan mampu memahami apa
saja yamg brhubungan dengan perawatan tali pusat.
2.
Tujuan Intruksional Khusus (TIK)
Setelah
dilakukan penyuluhan (health education), selama 1 x 30 menit diharapkan individu dan keluarga mampu :
·
Menjelaskan Pengertian perawatan
tali pusat
·
Menjelaskan tujuan perawatan tali
pusat
·
Menjelaskan Hal – hal yang dilarang
dalam perawatan tali pusat
·
Menjelaskan hal –hal yang perlu
diperhatikan dalam perawatan tali pusat
·
Menjelaskan pencegahan infeksi
pada tali pusat
·
Menjelaskan cara perawatan tali
pusat
3. Pokok-Pokok Materi (Materi Terlampir)
·
Pengertian perawatan tali pusat
·
Tujuan perawatan tali pusat
·
Hal –hal yang dilarang dalam
perawatan tali pusat
·
Hal – hal yang perlu diperhatikan
dalam perawatan tali pusat
·
Pencegahan infeksi pada tali pusat
·
Cara perawatan tali pusat
4. Metode
·
Ceramah
·
Diskusi
5. Sumber Belajar
·
http://
hipertensi.wikipedia.org.coM
·
blog Rahma Hapsari.14 Desember
2009
Kegiatan Penyuluhan
|
WAKTU
|
KEGIATAN PENYULUH
|
KEGIATAN PESERTA
|
1.
|
3 menit
|
Pembukaan :
·
Membuka kegiatan dengan mengucapkan salam.
·
Memperkenalkan diri
·
Menjelaskan tujuan dari penyuluhan
·
Menyebutkan materi yang akan diberikan
|
·
Menjawab salam
·
Mendengarkan
·
Memperhatikan
·
Memperhatikan
|
2.
|
15 menit
|
Pelaksanaan :
·
Menjelaskan tentang pengertian perawatan tali
pusat
·
Menjelaskan tujuan perawatan tali pusat
·
Memberi kesempatan kepada peserta untuk bertanya
·
Menjelaskan hal-hal yang dilarang dalam
perawatan tali pusat
·
Memberi kesempatan kepada peserta untuk bertanya
·
Menyebutkan hal –hal yang harus diperhatikan
dalam perawatan tali pusat
·
Menjelaskan pencegahan tali pusat
·
Menjelaskan cara perawatan tali pusat
|
·
Memperhatikan
·
Memperhatikan
·
Bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan
·
Bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan
·
Memperhatikan
Memperhatikan
|
3.
|
10 menit
|
Evaluasi :
·
Menanyakan kepada mahasiswa tentang materi yang
telah diberikan, dan reinforcement kepada ibu yang dapat menjawab pertanyaan.
|
·
Menjawab pertanyaan
|
4.
|
2 menit
|
Terminasi :
·
Mengucapkan terimakasih atas peran serta
peserta.
·
Mengucapkan salam penutup
|
·
Mendengarkan
·
Menjawab salam
|
Mengetahui Yogyakarta, November
2011
Dosen
Pembimbing Pemateri
(..................,,,,,,,,,,, ) ( ........................................ )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar