1.
Mengapa
dalam mempelajari mikrobiologi kita perlu menolak teori generatio spontanea ?
Karena dalam teori generasi spontan ( abiogenesis ) ini menyatakan
bahwakehidupan berasal dari benda mati, padahal sudah banyak bukti-bukti
kuatyang mendasari teori biogenesis. Dalam perkembangan mikrobiologi
sudahbanyak bukti bahwa perkembangan mikroorganismelah yang menjadi pusatperkembangan
suatu organisme, jelas sangat bertentangan
dengan
teorigeneratio spontanae.
2.
Untuk
menelaah fenomena biologis, mengapa kita sering digunakan mikroorganisme ?
Karena
mikroorganisme telah menjadi sistem model
untuk mempelajaribanyak sekali proses biologis
yang mendasar bagi banyak atau
semuaorganisme hidup. Banyak pula penemuan baru dari spesies
mikroorganisme
3.
Apakah
perbedaan dasar antara sel prokariotik dan sel eukariotik ? Sebutkan beberapa
ciri untuk membedakan sel prokariotik dan sel eukariotik ?
Sel prokaiotik adalah bahan nukleus yang tidak
terbungkus didalam suatumembran, sedangkan sel eukariotik adalan sel yang mengandung nukleussejati
Prokariotik : tidak ada membran internal yang memisahkan nukleus darisitoplasma dan tidak ada membran internal yang melingkungi struktur laindidalam sel, pembagian nukleus ialah dengan pembelahan bukan melaluimitosis, dinding sel mengandung semacam melekul komplek yang
disebutmukopeptide, sedangkan eukariotik ialah sistem membrannya intenal yangekstensif dan memiliki nukleus dan telah memiliki organel-organel yangkomplek.
4.
Sebutkan
kelompok-kelompok utama mikrobia. Sebutkan TIGA
ciri pembeda bagi masing-masing kelompok.
Kelompok utama mikrobe adalah bakteri, fungi, prozoa, alga
mikroskopik danvirus.Ciri pembedanya yaitu
pada dinding sel, daerah sitoplasma, bahan nukleusreproduksi sekseual
5.
Apakah
perbedaan antara kedua kata yang dituliskan sebagai berikut : bacillus, Bacillus ?
Basilus adalah bentuk dari bakteri (batang) sedangkan
Bacillus
adalah namagenus suatu
bakteri.
6.
Apakah
perbedaan antara biakan murni dan biakan campuran. Bagaimana biakan murni itu
diisolasi ?
Biakan murni adalah suatu biakan yang mengandung hanya satu spesiesmikroorganisme
sedangkan biakan campuran adalah suatu
biakan yangmengandung bermacam-macam spesies mikroorganisme.Cara
mengisolasi biakan murni:-teknik cawan gores-teknik cawan tebar -teknik
cawan tuang-teknik biakan penyuburan-teknik isolasi sel tunggal
7.
Jelaskan
perbedaan antara bakteri gram negative
dan bakteri gram positif !
CIRI
|
gram positif
|
gram negative
|
Struktur dindingsel
|
Tebal (15-80
nm)Berlapis tunggal (mono)
|
Tipis ( 10-15
nm)Berlapis tiga (multi)
|
Komposisidinding
sel
|
Kandungan
lipid rendah(1-4 %).Peptidoglikan ada sbglapisan tunggal;komponen
utamamerupakan lebih dari 50%berat
kering padabeberapa sel bakteri.Terdapat asam tekoat
|
.Kandungan
lipid tinggi( 11-22 %).Peptidoglikan
ada didalam
lapisan kakusebelah
dalam; jumlahnyasedikit merupakan sekitar 10 % berat kering.Tidak
ada asam tekoat
|
8.
Fungsi
apakah yang berkaitan dengan struktur-struktur berikut :
a.
Kapsul
b.
Dinding
sel
c.
Membrane
sitoplasma
d.
Nucleus
e.
Mesosom
f.
Spora
g.
Flagellum
h.
Pili
Jawab Fungsi struktur pertumbuhan sel bakteri
9.
Jelaskan
perbedaan antara SPORA SEKSUAL dan SPORA ASEKSUAL khususnya mengenai
pembentukannya.
Spora bebas,
sel vegetatif yang hidup bebas atau tidak terikat
Eksospora, sporanya diluar sel vegetatif,
Endospora,
sporanya didalam sel vegetatif
ecara seksual
dilakukan oleh spora seksual. Spora seksual dihasilkan secara singami. Singgami
terdiri dari dua tahap, yaitu tahap plasmogami dan tahap kariogami.
10.
Apakah
yang unik mengenai kelas Deuteromycetes
yang membuatnya berbeda dari kelas-kelas Fungi yang lain ?
Kelas Deuteromycetes (jamur tidak sempurna) Dikarenakan jamur
ini belum sempurna, maka ciri – cirinya diambil dari sifat – sifat umunya. Ciri
– cirinya yaitu :
1. Hifa berbentuk unicelluler dan kebanyakan anggotanya mempunyai kekerabatan degan Ascomycetes dan Basidiomycetes,
2. Perkembangbiakan aseksual dilakukan dengan cara fragmentasi atau dengan konidiospora. Sedangkan cara perkembangbiakn secara seksualnya belum diketahui tetapi dapat berkembangbiak dengan siklus paraseksual.
3. Seiring dengan perkembangan dan penelitian yang berjalan terus menerus maka beberapa spesies telah dapat dipindahkan dari kelas Deuteromycetes ke kelas Ascomycetes.
4. miselium berbentuk unicelluler atau yang lebih khas lagi ( miseliumnya bersekat – sekat yang biasanya membentuk konidium dari bermacam – macam sel konidiogen.
5. Jamur Deuteromycetes ini tidak dapat membentuk spora sama sekali.
6. Sebagian besar Deuteromycetes hidup bersifat sa[rofit sebagai pengurai sisa – sisa bahan – bahan organik, selebihnya dalah hidup sebagai parasit baik pada tanaman, hewan, maupun manusia. Bahkan ada juga yang bersifat sebagai predator, misalnya : Dactylaria. Jamur Dactylaria hidup didalam tanah. Hifanya bebentuk cincin yang berfungsi unrtuk menangkap cacing nematoda.
1. Hifa berbentuk unicelluler dan kebanyakan anggotanya mempunyai kekerabatan degan Ascomycetes dan Basidiomycetes,
2. Perkembangbiakan aseksual dilakukan dengan cara fragmentasi atau dengan konidiospora. Sedangkan cara perkembangbiakn secara seksualnya belum diketahui tetapi dapat berkembangbiak dengan siklus paraseksual.
3. Seiring dengan perkembangan dan penelitian yang berjalan terus menerus maka beberapa spesies telah dapat dipindahkan dari kelas Deuteromycetes ke kelas Ascomycetes.
4. miselium berbentuk unicelluler atau yang lebih khas lagi ( miseliumnya bersekat – sekat yang biasanya membentuk konidium dari bermacam – macam sel konidiogen.
5. Jamur Deuteromycetes ini tidak dapat membentuk spora sama sekali.
6. Sebagian besar Deuteromycetes hidup bersifat sa[rofit sebagai pengurai sisa – sisa bahan – bahan organik, selebihnya dalah hidup sebagai parasit baik pada tanaman, hewan, maupun manusia. Bahkan ada juga yang bersifat sebagai predator, misalnya : Dactylaria. Jamur Dactylaria hidup didalam tanah. Hifanya bebentuk cincin yang berfungsi unrtuk menangkap cacing nematoda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar